Visi dan Misi

VISI MISI Fakultas Bioteknologi dan Program Studi Teknik Bioproses

 

Fakultas Bioteknologi

VISI

Menjadi fakultas yang unggul dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu yang berbasis bioteknologi. Dari kedua visi ini dapat dilihat bahwa PS Sarjana Teknik Bioproses ingin menjadi agen pembaharu atau unggul di ketiga bidang yang tercakup dalam Tridarma (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat). Hal ini juga sesuai dengan visi Institusi yang berbunyi: Menjadi pusat keunggulan yang berperan dalam pemanfaatan teknologi bagi kemajuan bangsa.

MISI

Misi Fakultas Bioteknologi adalah:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan proses pendidikan yang unggul di bidang ilmu dan teknologi berbasis bioteknologi secara berkesinambungan dan bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Mengembangkan, menciptakan, dan menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis b
  3. Meningkatkan peranan fakultas agar mampu menjadi pembaharu kemampuan, keterampilan pilihan rujukan dan pengembangan rekayasa karya masyarakat, dalam bidang ilmu dan teknologi berbasis bioteknologi.
  4. Meningkatkan peran nyata fakultas dalam alih keahlian dan keterampilan kepada masyarakat melalui penerapan ilmu dan teknologi berbasis bioteknologi.

 

Program Studi Teknik Bioproses

VISI

Program Studi yang melalui pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi proses berbasis bioteknologi, mampu untuk selalu memerankan diri sebagai pembaharu (agent of change) dalam menumbuhkan kapasitas sains dan teknologi nasional, dan dalam berindustri yang berorientasi kepada terwujudnya pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

MISI

Mewujudkan pernyataan visi Program Studi yang dikemukakan terdahulu, dengan :

  1. Penyelenggaraan program pengajaran dan pendidikan untuk menghasilkan sarjana/pembawa ilmu yang berkeahlian di dalam memfungsikan ilmu dan teknologi proses berbasis bioteknologi di industri dan masyarakat luas;
  2. Penyelenggaraan program penelitian yang tertuju kepada penguasaan dan pengayaan khazanah ilmu dan teknologi proses yang berbasis bioteknologi;
  3. Penyebarluasan ilmu dan teknologi proses yang berbasis bioteknologi kepada masyarakat luas melalui berbagai bentuk program dan aktivitas syiar seperti penerbitan makalah, ceramah, dan presentasi dalam pertemuan ilmiah;
  4. Pelaksanaan program dan aktivitas alih keahlian dan ketrampilan di dalam mempraktekkan ilmu dan teknologi proses berbasis bioteknologi, kepada masyarakat luas dan industri, baik atas prakarsa sendiri atau atas permintaan.

TUJUAN

Tujuan PS Sarjana Teknik Bioproses diarahkan pada hasil lulusan yang memiliki kualifikasi:

  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan ketrampilan dalam bidang keahlian Teknik Bioproses sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada di dalam kawasan keahliannya;
  2. Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang merupakan keahliannya;
  3. Mampu mengembangkan diri dan berhasil dalam pendidikan lanjutan;
  4. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimilikinya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi profesionalisme, memiliki standar etik, antusiasme yang tinggi untuk meningkatkan profesionalismenya, kepedulian terhadap lingkungan hidup dan masyarakat, serta sikap belajar sepanjang hayat.

SASARAN

  1. Terselenggaranya kegiatan akademik yang sehat, efektif, dan produktif untuk semua civitas PS Sarjana Teknik Bioproses.
  2. Terselenggaranya dengan baik pengelolaan PS Sarjana Teknik Bioproses.
  3. Tercapainya peringkat akreditasi yang baik dari lembaga akreditasi nasional untuk PS Sarjana Teknik Bioproses.
  4. Dihasilkannya lulusan yang memiliki daya saing di tingkat nasional.
  5. Ditingkatkannya kerjasama nasional dan internasional dengan perguruan tinggi dan industri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>