Sejarah Jurusan

Yayasan Del, sesuai dengan visi dan misi, dan tujuannya, di tahun 2001 telah mendirikan politeknik Informatika Del (atau disingkat PI Del), yang menyelenggarakan program pendidikan Diploma 3 di bidang Informatika. Politeknik ini berkedudukan di Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Perguruan Tinggi tersebut secara berkelanjutan telah beroperasi hingga sekarang, dan sampai bulan september tahun 2015 telah menghasilkan lulusan dua belas angkatan (dari angkatan 2001 sampai 2012). Para lulusan tersebut sebagian besar langsung mendapat pekerjaan segera setelah diwisuda. dari tahun ke tahun, waktu tunggu para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan tak pernah lebih dari 3 bulan sejak di wisuda.

Memperhatikan keberhasilan Perguruan Tinggi tersebut, dan kelengkaan perguruan tinggi, terutama yang bermutu, di wilayah adtaran tinggi Toba, telah memunculkan harapan masyarakat dan pemikiran dalam kepengurusan Yayasan Del untuk memperluas cakupan program pendidikan, tidak hanya sampai Diploma 3 atau Diploma, tetapi sampai ke Stratum 1.

Menanggapi perkembangan tersebut, maka dipandang perlu untuk melakukan upaya guna mewujudkan harapan tersebut dengan menelaah kelayakan terhadap perluasan cakupan program pendidikan tinggi yang kini ditangani, yaitu selain menyelenggarakan program pendidikan Diploma 3 dan Diploma 4, juga program studi kesarjanaan yaitu stratum 1 atau yang lebih tinggi.

Politeknik Informatika Del telah direncanakan akan diubah status dan bentuknya menjadi Institut Teknologi Del dan akan menyelenggarakan program pendidikan sarjana di bidang informatika, manajemen rekayasa dan bioteknologi. Dan tetap mempertahankan keberadaan program pendidikan Diploma 3 dan Diploma 4 di bidang informatika, yang kini dilaksanakan.

Selain memperhatikan harapan dan keinginan masyarakat, gagasan untuk membangun program pendidikan sebagaimana dikemukakan diatas disimpulkan setelah dan dengan:

  • memperhatikan bahwa Yayasan Del telah memiliki asset berupa lembaga pendidikan program Diploma 3 dan Diploma 4 bidang informatika dengan kampus yang dilengkapi dengan sarana dan bangunan yang memiliki kapasitas lebih dari yang diperlukan.
  • mempertimbangkan bahwa Teknik bioproses mempunyai posisi kunci dalam upaya mengindustrikan inovasi-inovasi di bidang bioteknologi, yang dalam konteks Indonesia membuka peluang besar dalam pengindustrian hasil-hasil dari sumberdaya biota dan budidaya.
  • menyadari bahwa terbukanya peluang besar dalam mengindustrikan hasil-hasil sumber daya biota dan budidaya di Indonesia mempunyai implikasi terbukanya kesempatan bagi Indonesia untuk meningkatkan pendapatan, kesempatan memperoleh nafkah, dan kesejahteraan penduduk Indonesia yang mayoritas bekerja di sektor pertanian.
  • Menyadari bahwa adanya implikasi sebagaimana dikemukan di butir sebelumnya, menempatkan peran pendidikan tinggi di bidang Teknik Bioproses pada kedudukan penting dalam sistem pendidikan teknologi, dan karenanya dirancang dan direncanakan penyelenggaraan Program Studi Sarjana Bioproses, sebagai salah satu program studi di ITD.
  • Memperhatikan bahwa penyelenggaraan program studi sarjana Teknik Bioproses termaksud akan membuka kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK di wilayah dataran tinggi Toba untuk lebih mudah menjangkau fasilitas pendidikan tinggi di bidang teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>